Keramat Umat Hindu Sabung Ayam Taji

Pulau Dewata Merupakan Tempat Wisata Yang Paling Populer Di Indonesia. Bukan Hanya Itu Saja, Bali Juga Terkenal Dengan Sabung Ayam Bali nya Yang Menggunakan Tajen ( taji ). Sabung Ayam Taji Di Bali Sudah Tidak Asing Lagi Hingga Kini Merupakan Ajang Tontonan Umum Selain Menjadi Adat Warga Bali.

Tradisi Bali Sabung Ayam Taji

Keramat Umat Hindu Sabung Ayam Taji

Sabung Ayam Taji

Selain Sabung Ayam Taji, Tradisi Bali Sangatlah Banyak Dan Terkenal Seperti Tari Kecak, Leak, Omed-Omedanm Mekare-kare, Mekotek, Dan Banyak Lagi Lainnya.

Taji ( Tajen ) Merupakan Salah Satu Bahasa Pesabung di Bali Yang Artinya Sabung Ayam. Dimana Permainan Sabung Ayam Yang Kita Ketahui Ialah Pertandingan Yang Mengadu Dua Ekor Ayam Jantan Sampai Salah Satu Kabur Bisapun Sampai Mati.

Menurut Sejarah Sabung Ayam Bali Berasal Dari

Asal Mula Prosesi Sabung Ayam Bali Konon Bersumber Pada Jaman Dahulu Majapahit. Sabung Ayam Muncul Ketika Para Bangsawan Kerajaan Hobby Dalam Mengadu Ayam.

Banyak Juga Versi Lain Yang Mengatakan Seperti Tajen Bali itu Bersumber Dari Budaya Tradisi Tabuh Rah Yang Artinya Ritual Dari Keagamaan Umat Hindu Bali. Yang dimana Kita Ketahui Penduduk Dewata Kebanyakan Menganut Agama Hindu.

Jenis Yang Ayam Aduan Yang Dilestarikan Meruapakan Ayam Jenis Betet Dimana Ayam Aduan Ini Merupakan Trah Campuran Dari Beragam Jenis Ayam Contohnya Silangan Ayam Filipina Maupun Ayam Kampung.

Banyaknya Istilah Penyebutan Ayam Bagi Sabung Ayam Bali Contohnya :

  • Buik, Adalah Ayam Jago Yang Berbulu Warna – Warni.
  •  Kelau ( Kelawu ) Adalah Ayam Jago Yang Berbulu Abu – Abu.
  •  Bihing ( Biying ) Adalah Ayam Jago Yang Bulunya Merah.
  •  Wangkas, Adalah Ayam Jago Dengan Sayap Merah Serta Dada Yang Berbulu Putih.
  •  Brumbun Adalah Ayam Yang Mempunyai Kombinasi Bulu Seperti Merah, Putih Serta Hitam.
  •  Sa, sebutan Ini Untuk Ayam Yang Berbulu Putih.
  •  Ook, Adalah Sebutan Untuk Ayam Yang Mempunyai Bulu Yang Lebat Dibagian Leher.
  •  Godek, Ini Sebutan Untuk Ayam Yang Kakinya Berbulu.
  •  Sangkut, Ayam Jago Yang Tidak Memiliki Ekor Bulu.

Itulah Beberapa Sebutan Yang Unik Bagi Sabung Ayam Taji di Bali. Warga Bali Juga Percaya Dimana Ayam Yang Bertarung Bisa di Tebak Siapa Pemenangnya.

SIMAK JUGA :

Judi Sabung Ayam Taji Bali

Bagi Masyarakat Dewata Bali Bukan Semata – mata Hanya Dalam Rangka Upacara Ataupun Adat Saja. Orang – orang Yang Mendatangi Acara Sabung Ayam Taji Aduan Ayam Tidak Lain Itu Semua Juga Bermaksud Untuk Berjudi.

Pro Kontrak Bermunculan Soal Perjudian Sabung Ayam di Bali Dengan Menggunakan Acara Adat Untuk Motif Perjudian Sabung Ayam. Akan Tetapi Masyarakat Sekitar Pun Tidak Merasa Terganggu Meski Adanya Hal Seperti Itu.

Hal Tersebut Malah Dikaitkan Dengan Daya Tarik Untuk Daerah Wisata Seperti Bali. Tajen Bali Sering di Gelar Dibeberapa Daerah Di Bali Dengan Banyaknya Antusias Para Penonton Luar Daerah Maupun Dalam Daerah.

Demikianlah Sedikit Cerita Tentang Sabung Ayam Taji Yang Ada Di Bali. Mudah – mudahan Bermakna Dan Menambah Pengalaman Kalian.

Bagi Kalian Yang Ingin Mencoba Permainan Sabung Ayam Online, Kami Menyediakan Platform Secara Online Untuk Dapat Menikmati Sabung Ayam Secara Live. Salam.

Dengan label: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*